Jakarta, 20 Januari 2025 – Yayasan Al Hikmah Pusat, Mampang Prapatan, melaksanakan kunjungan studi banding ke Yayasan Asy-Syukriyyah Islamic School, Tangerang. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi sekaligus menggali inspirasi dan wawasan dalam pengelolaan pendidikan Islami yang unggul dan modern.
Rangkaian acara diawali dengan pengenalan singkat mengenai Yayasan Al Hikmah yang memaparkan program pendidikan serta nilai-nilai Islami yang menjadi pondasi lembaga tersebut. Selanjutnya, Yayasan Asy-Syukriyyah Islamic School memutar video napak tilas perjalanan pendiri yayasan, yaitu H. Asep Abdusykur, yang memberikan gambaran sejarah perjuangan dan visi besar yayasan. Dalam kesempatan tersebut, Yayasan Asy-Syukriyyah juga memperkenalkan kurikulum terbaru mereka yang diberi nama ASSTA, yang merupakan singkatan dari Al-Qur’an, Sunnah, Sains, Teknologi, dan Akhlaqul Karimah. Kurikulum ini dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus membentuk karakter mulia pada peserta didik.
Salah satu pendekatan yang menarik perhatian adalah penerapan Metode Sentra atau Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Metode ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan tiga jenis main sebagai moda belajar anak usia dini, yaitu main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan. Dengan pendekatan ini, pembelajaran menjadi lebih kontekstual, menyenangkan, dan berorientasi pada pembentukan karakter Islami sejak dini.
Peserta kunjungan menyimak dengan antusias paparan tersebut dan merasa terinspirasi untuk menerapkan praktik serupa dalam sistem pendidikan di Yayasan Al Hikmah. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi produktif dan kunjungan ke fasilitas pendidikan di lingkungan Yayasan Asy-Syukriyyah Islamic School.
Yayasan Al Hikmah Pusat menyampaikan apresiasi yang mendalam atas sambutan hangat dan keterbukaan Yayasan Asy-Syukriyyah Islamic School. Semoga kunjungan ini menjadi awal dari kolaborasi yang bermanfaat dalam upaya mencetak generasi Islami yang unggul dan berkarakter.